,

Pameran Haji dan Umrah Internasional 2016 di Jakarta

Pada 28 - 30 Oktober 2016 digelar Pameran Haji dan Umrah Internasional 2016 di Jakarta (Video). Potensi jamaah umrah dan haji di Indonesia memang sangat besar. Setiap tahun sekitar satu juta penduduk Indonesia berangkat ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah umrah. Sedangkan untuk haji, setiap tahun Indonesia mengirimkan sekitar 165 ribu jemaah haji, dan merupakan jemaah haji terbesar di dunia.

Digelar Pameran Haji dan Umrah Internasional di Jakarta
INTERNATIONAL ISLAMIC EXPO (IIE) - UMRAH-HAJJ & ISLAMIC TOURISM yang akan digelar di Jakarta Convention Center pada 28-30 Oktober 2016 nanti. Ini adalah pameran umrah dan haji terbesar di dunia. Ada puluhan biro perjalanan umrah haji ternama di Indonesia yang akan ikut dalam ajang pameran ini.

Jadi anda bisa memilih dan membandingkan harga dan pelayanan dari setiap biro perjalanan umrah-haji sebelum mengambil keputusan. Kelebihan lain, biro umrah yang ada di pameran ini adalah agen umrah yang terpercaya dan resmi terdaftar di Kementerian Agama. Jadi anda bisa beribadah tanpa khawatir tertipu.

International Islamic Expo ini dipastikan berbeda dengan event-event sebelumnya. Selain diikuti biro-biro perjalanan wisata dari Indonesia, pameran ini juga diikuti exhibitor internasional dari berbagai negara, mulai dari negara-negara di Asia Tenggara hingga negara-negara Timur Tengah. Bidang usahanya mulai dari perusahaan penerbangan international, tour operator, penyedia jasa hotel,  provider visa, restauran dan catering sampai pengusaha transportasi di Arab Saudi.




Potensi jamaah umrah dan haji di Indonesia memang sangat besar. Setiap tahun sekitar satu juta penduduk Indonesia berangkat ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah umrah. Sedangkan untuk haji, setiap tahun Indonesia mengirimkan sekitar 165 ribu jemaah haji, dan merupakan jemaah haji terbesar di dunia. 

Sebelumnya, Alia Convex sebagai penyelenggara IIE telah memulai roadshow sosialisasi di Kota Jeddah, Arab Saudi.  Sosialisasi dalam bentuk silaturahmi dan buka puasa bersama pada Ramadhan lalu itu mendapat dukungan dari Konsulat Jenderal RI Jeddah dengan mengundang berbagai instansi dan komunitas setempat yang secara rutin sudah mengikuti dari tahun ke tahun dan mengundang instansi baru untuk bergabung di IIE tahun ini. Dalam kesempatan tersebut juga dipromosikan destinasi-destinasi wisata halal di Indonesia.

Pada  tahun 2015 lalu International Islamic Expo dihadiri 47 Exhibitor International dan 36 Exhibitor Domestik. Juga didukung 10 perbankan syariah terbaik di Indonesia.

Tidak hanya Negara Timur Tengah yang menggarap wisata halal, masih di tahun 2015 lalu, Korea Tourism Organization juga hadir di IIE untuk mempromosikan pariwisata muslim di negeri gingseng ini. Korea memperkenalkan tujuan wisata di pulau Jeju yang ramah untuk wisatawan muslim. Selain itu, daerah pemerintahan Seocho juga datang untuk  mempromosikan wisata medis mutakhir Korea. Ada juga pertunjukan non-verbal langsung dari Korea, yaitu Pang Show dan Drawing Show. Sekitar 750.000 wisatawan muslim berkunjung ke Korea per tahun. Tahun lalu, sekitar 210.000 wisatawan Indonesia berkunjung ke Korea. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat secara bertahap.

Selain Korea Selatan, destinasi wisata halal memang sedang gencar digarap di Asia Timur seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand. Demikian juga China, Taiwan, dan Jepang mulai secara agresif membuat promo wisata halal negara masing-masing di berbagai forum dunia. Untuk mengantisipasi pertumbuhan wisata muslim, tahun ini International Islamic Expo menyiapkan 120 booth untuk menampung perusahaan-purusahaan yang bergerak dibidang umrah-haji dan wisata muslim dari dalam dan luar negeri..

Dari sisi kunjungan, selama tiga hari IIE tahun 2014 dikunjungi lebih dari 25.000 orang, untuk tahun 2015 sekitar 27.000 orang.  Untuk IIE tahun 2016 ini ditargetkan bisa menarik lebih dari 30.000 pengunjung.

Berikut adalah sambutan resmi Dr Anggito Abimanyu terkait IIE 2015 dan menyambut IIE 2016.

Assalamualaikum Wr, Wb.  

At the outset on behalf of Alia Convex and The Ministry of Tourism and Creative Economy of Republic Indonesia, I would like to personally thank to all of the exhibitors and visitors who participated in the INTERNATIONAL ISLAMIC EXPO 2015 – The 11th Umra –Hajj & Islamic Tourism Jakarta, we have laid the foundation for a new dialogue and philosophy for Umra-Hajj, Hotel industry and Islamic Tourism in the 21st Century.

This year has been good to us and as we move into the new era, Islamic tourism is now a key sector of the Middle East, Central Asia and Far East economies in particular to Umra & Hajj and “International Islamic Expo” has grown in partnership with the Travel associations, Hoteliers and public from regional countries.

Indonesia has been one of the world's best performing in tourism and some of the new innovative projects announced in recent times in the Middle East are launched in this event. Against this background, this event will provide the necessary impetus for the industry to move forward.

The International Islamic Expo, is the world largest and primer Islamic travel & tourism event providing three days of intensive meetings, seminars, press conferences and social networking opportunities.

Now in its 12th year, “International Islamic Expo” is a key arena in which to unlock your business potential as the event is firmly established as must-attend exhibition for travel professionals in particular to Hajj & Umra, Hotel industry, Islamic Tourism and Trade & Investment.

With the ten years of consecutive success in Islamic tourism, it is my pleasure to announce and invite you to participate in the forth coming annual global event INTERNATIONAL ISLAMIC EXPO 2016 – The 12th Umra-Hajj & Islamic Tourism, scheduled on 28th - 30th October 2016 at Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta – Indonesia.

International Islamic Expo 2016 would be a meeting point where Islamic Tourism Practitioners, Umra-Hajj policy makers, Hoteliers, Traders & Investors, Sellers and Buyers from Islamic Countries would meet for the promoting business exchange and networking. It accommodates the interest of those who see ASEAN Countries, especially Indonesia as the biggest source for Umra-Hajj and Islamic Tourism. The choise of Indonesia as the venue for The INTERNATIONAL ISLAMIC EXPO 2016 denotes the importance of Indonesia as the Largest Muslim Populous Country in the world for Umra-Hajj as well as for Islamic Tourism generating country.

INTERNATIONAL ISLAMIC EXPO 2016 – The 12th Umra-Hajj & Islamic Tourism is endorsed by the Travel Associations from ASEAN Countries, AMPHURI (Indonesia), HIMPUH (Indonesia), ASPHURINDO (Indonesia), KESTHURI (Indonesia), ASITA (Indonesia), ASTINDO (Indonesia), BUMITRA (Malaysia), AMTAS (Singapore), DHSB (Brunei), BATA (Brunei) and fully supported by the Ministry of Religious Affairs of Republic Indonesia and the Ministry of Foreign Affairs of Republic of Indonesia.

On a final note, we are confident International Islamic Expo 2016 - The 12th Umra-Hajj & Islamic Tourism edition of the event will result in excellent business for the regional as well as international sectors. Once again, we appreciate your on going support and we look forward to working with you to resolve the challengers that lie ahead of us this year.

Selamat Datang, Welcome to Indonesia
DR. H. Anggito Abumanyu
Chairman ALIA CONVEX