Peristiwa Yang Menggetarkan Para Malaikat

Sebuah awal percakapan mulia itu adalah percakapan Tuhan dan seorang hamba, Sang Pencipta dan ciptaan-Nya yang saling memuliakan satu dengan yang lain. Dan betapa Rasulullah tetap melibatkan umatnya dalam percakapan tersebut, untuk mendapatkan perlindungan dari Allah Ta'ala bagi umat nya yang shaleh.

Peristiwa Yang Menggetarkan Para Malaikat
Diriwayatkan, pada suatu malam Jibril AS menghantarkan Rasulullah menuju Sidratul Muntaha. Namun karena Jibril tidak mendapat ijin untuk memasuki ke istana Allah Ta'ala maka Jibril hanya mengantarkannya sampai di gerbangnya. Dan berkatalah ia kepada Rasulullah untuk melanjutkan perjalanan tanpanya.

(Simak juga : Rekam Jejak Islam di Asia Tenggara)

Rasulullah pun berjalan perlahan dengan perasaan sangat takjub melihat keindahan istana Allah hingga tiba di hadapan Arsy (singgasana Allah)

Setelah sekian lama menjadi rasul, inilah pertama kalinya Muhammad SAW berhadapan dan berbincang secara langsung dengan Allah SWT.


(Baca juga : Sejarah Perjalanan Haji di Masa Silam)

Sungguh, betapa indah dan agung peristiwa tersebut, begitu pula kalimat-kalimat yang terucap dalam percakapan antara Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Di hadapan singgasana Allah itu, Rasulullah pun berjalan mendekat lalu bersujud dan memberi salam (pujian) kepada Allah;

"Attahiyyaatul Mubaarakaatush Shalawatuth Thayyibaatu Lillaah"

yang artinya,

"Segala Kehormatan, Keberkahan, Rahmat dan Kebaikan adalah milik Allah."

Kemudian Allah Ta'ala membalas dengan ucapan salam :

"Assalaamu'alaika Ayyuhan Nabiyyu Warahmatullaahi Wabarakaatuh"

"Segala pemeliharaan dan pertolongan Allah untukmu wahai Nabi, begitu pula rahmat Allah dan segala karunia-Nya"

Mendapatkan jawaban seperti ini, Rasulullah tidak merasa jumawa berbesar diri, bahkan Rasulullah tak melupakan umatnya, hingga  menjawab dengan ucapan :

"Assalamu 'Alainaa Wa'alaa 'Ibaadillaahish Shaalihiin."

"Semoga perlindungan dan pemeliharaan diberikan kepada kami dan semua hamba Allah yang shalih."

Sebuah awal percakapan mulia itu adalah percakapan Tuhan dan seorang hamba, Sang Pencipta dan ciptaan-Nya yang saling memuliakan satu dengan yang lain. Dan betapa Rasulullah tetap melibatkan umatnya dalam percakapan tersebut, untuk mendapatkan perlindungan dari Allah Ta'ala bagi umat nya yang shaleh.


(Simak juga : Imperium Islam Andalusia Pengawal Renaisans di Eropa)

Melihat pertemuan yang diawali dengan saling mengucap salam ini, para malaikat yang menyaksikan dari luar Sidratul Muntaha tergetar dan takjub. Setiap kalimat yang terdengar di sana menggambarkan betapa Allah Ta'ala memuliakan Muhammad, dan betapa tingginya Muhammad mengagungkan Allah Ta'ala.

Kemudian para malaikat pun mengucapkan kalimat syahadat dengan penuh keyakinan:

"Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah."

"Kami bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan kami bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba Allah dan RasulNya”

Rangkaian percakapan dalam peristiwa agung itu menjadi bagian dalam shalat yakni pada saat Tahiyat Awal dan Tahiyat Akhir. Selanjutnya kita mengikutinya dengan ucapan shalawat kepada Rasulullah sebagai pujian karena menyayangi kita, umatnya.

Allahumma shalli ‘ala Sayyidina Muhammadin wa ‘ala all Sayyidina Muhammadin, ka ma shal-laita ‘ala Sayyidina Ibrahima wa ‘ala ali Sayyi­dina Ibrahima. Wa barik ‘ala Sayyidina Muham­madin wa ‘ala ali Sayyidina Muhammadin, ka-mabarakta ‘ala Sayyidina Ibrahima wa ‘ala ali Say­yidina Ibrahima. Fil ’alamina innaka hamidun majid...

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau limpahkan rahmat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Berikanlah keberkahan ke­pada junjungan kami, Muhammad, dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau limpahkan berkah ke­pada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Di seluruh alam, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha-Mulia."

Topik lainnya
1) Sosok Azazil Di Masa Pra Penciptaan Adam AS
2) Azazil, Kekasih Allah Di Masa Itu...
3) Kekhawatiran Malaikat dan Bumi Atas Penciptaan Adam
4) Antara Iblis, Malaikat dan Manusia
5) Rayuan Iblis Kala Bulan Madu Adam dan Hawa
6) Siapa Penghuni Bumi Sebelum Adam
7) Awal Kehidupan Adam Sebagai Penghuni Bumi
8) Kehidupan Adam Dan Hawa di Bumi

jumrahonline | jumrah.com